Kamis, 05 Juli 2012

Amperemeter dan Voltmeter


A.  DEFENISI
1. Amperemeter / Ampere Meter
Amperemeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik. Umumnya alat ini dipakai oleh teknisi elektronik dalam alat multi tester listrik yang disebut avometer gabungan dari fungsi amperemeter, voltmeter dan ohmmeter.
Amper meter dapat dibuat atas susunan mikroamperemeter dan shunt yang berfungsi untuk deteksi arus pada rangkaian baik arus yang kecil, sedangkan untuk arus yang besar ditambhan dengan hambatan shunt.
Amperemeter bekerja sesuai dengan gaya lorentz gaya magnetis. Arus yang mengalir pada kumparan yang selimuti medan magnet akan menimbulkan gaya lorentz yang dapat menggerakkan jarum amperemeter. Semakin besar arus yang mengalir maka semakin besar pula simpangannya.


2. Voltmeter / Volt Meter
Voltmeter adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur tegangan listrik. Dengan ditambah alat multiplier akan dapat meningkatkan kemampuan pengukuran alat voltmeter berkali-kali lipat.
Gaya magnetik akan timbul dari interaksi antar medan magnet dan kuat arus. Gaya magnetic tersebut akan mampu membuat jarum alat pengukur voltmeter bergerak saat ada arus listrik. Semakin besar arus listrik yang mengelir maka semakin besar penyimpangan jarum yang terjadi.

Voltmeter dapat dibuat dari sebuah galvanometer dan sebuah hambatan eksternal Rx yang dipasang seri. Adapun tujuan pemasangan hambatan Rx ini tidak lain adalah untuk meningkatkan batas ukur galvanometer, sehingga dapat digunakan untuk mengukur tegangan yang lebih besar dari nilai standarnya.

B.  GAMBAR

Gambar Amperemeter


Gambar Voltmeter


C.  BAGIAN-BAGIAN ALAT


Amperemeter dan voltmeter terdiri dari beberapa bagian antara lain :


Jarum penunjuk skala (pada amperemeter analog)
Jarum ini terpasang pada kumparan yang bergerak (moving coil) sehingga dapat bergerak berdasarkan peredaran arus yang masuk dalam moving coil. Jarum tersebut mempunyai fungsi penunjuk besaran aus yang terukur dimana akan bergerak dan berhenti pada skala yang sesuai dengan besaran yang diukur.
Probe
Berfungsi untuk menentukan polaritas amperemeter. Selain itu probe juga digunakan untuk menentukan kutub positif amperemeter.
Kalibrator
Berfungsi untuk menentukan kalibrasi atau penunjukan skala pada anga nol (0) dengan tepat,segaris dengan jarum penunjuk skala.
Ground
Berfungsi untuk menentukan kutub negatif dari amperemeter.
Cermin pemantul
Berada pada papan skala yang ditunjukan sebagai panduan untuk ketepatan pembacaan skala.


D.  FUNGSI

1. Amperemeter / Ampere Meter
Amperemeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik yang ada dalam rangkaian tertutup. Amperemeter biasanya dipasang berderet dengan elemen listrik. Cara menggunakannya adalah dengan menyisipkan amperemeter secara langsung ke rangkaian.

2. Voltmeter / Volt Meter
Voltmeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur beda potensial listrik. Voltmeter biasanya disusun secara paralel (sejajar) dengan sumber tegangan atau peralataan listrik. Cara memasang voltmeter adalah dengan menghubungkan ujung sumber tegangan yang memiliki potensial lebih tinggi (kutub positif) harus dihubungkan ke terminal positif voltmeter,dan ujung sumber tegangan yang memiliki potensial lebih rendah (kutub negatif) harus dihubungkan ke terminal negatif voltmeter.


E.  CARA KERJA
1.      Amperemeter / Ampere Meter
1.       Amperemeter   : dirangkai secara seri terhadap rangkaian elektronik
Voltmeter
           : diangkai secara paralel kabel merah untuk term +...hitam term –
2.       kabel merah untuk +,hitam untuk -...untuk pengukuran volt.
3.       Arus ac                 : putar slector posisi ACV untuk pengukuran tegangn arus bolak-balik pln/brasal dari dinamo
Arus dc
                 :putar selector pos DCV untuk tegangn arus searah dari batere/aki
4.       Amperemeter   : sebelum membaca pastikan selector pada posisi ampere. Dan rangkaian benar. pada layar digital langsung terlihat hasil.a,layar analog :perhatikan skla ampere dari angka nol - anka tertentu amati jarum pada posisi skala brp..
Volt                        : Pilih ACV ato DCV masing2 mmliki skala dgn angka berbeda 10,50...jika untuk pemakaian volt kecil pilih yg paling kecil...jika saat pengukuran jarum pada posisi maksimal,maka perlu diubah skala yang lebih besar.



2.      Voltmeter / Volt Meter
Pada Multimeter analog tipe CX506, batas ukur (/range/) terendah adalah 3 Volt, dengan demikian, jika batas ukur (/range/) diletakkan pada posisi 3 DCV Multimeter mampu mengukur tegangan dari baterai kering//dry cell/ (dengan tinggi tegangan 1,5V) lebih akurat ketimbang ada batas ukur (/range/) 10 DCV. Multimeter analog tipe SP 10D merk SANWA atau yang sejenis, memiliki batas ukur (/range/) tegangan (ACV-DC); 10V/50V/250V/500V/1000V.
Hal yang perlu diperhatikan dalam mengukur tegangan adalah posisi saklar jangkauan ukur dan batas ukur (/range/). Jika akan mengukur 220 ACV, saklar jangkauan ukur harus berada pada posisi ACV, dan batas ukur (/range/) pada angka 250 ACV. Hal yang sama berlaku untuk pengukuran tegangan DC (DCV). Tak kalah penting untuk diperhatikan adalah faktor keselamatan. Perhatikan apakah isolasi pembungkus kabel penyidik (/probes/).
Dalam mengukur DCV, posisi kabel penyidik (probes) warna merah (+/out) diletakkan pada titik positip (+) dari sumber tegangan yang akan diukur, kabel penyidik (probes) warna hitam (-/common) diletakkan pada titik negatip (-). Untuk mengukur Tegangan Arus Bolak Balik (ACV) posisi kabel penyidik (probes) boleh


bolak balik, karena pada ACV setiap detik terjadi 50 x perubahan kutub positip menjadi kutub negatip dan sebaliknya.







3 komentar: